Kamis, Mei 05, 2011

Rumah Michael Jackson di Florida

Ini gan rumah Michael Jackson. Selain Neverland jacko juga memiliki rumah di Florida. kabarnya jacko cuma menempati rumah ini tidak lebih dari 2 kali.
sumpah gw kaget banget baca berita ini dan ngeliat rumah jacko yang segede gaban ini, wajar saja si jacko memiliki aset kekayaan 12 Triliun.



Quote:
Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:


Spoiler for gambar:
Quote:
gimana gan? manteb gak

kalo gak suka jangan di

kalo suka boleh ditimpuk

yang belom ISO boleh dirate*****

Spoiler for michael jackson:

18 Terowongan Paling Unik Di Dunia


langsung aja gan gapake salam pembuka, soalnya ane gak jago yang begituan

Spoiler for 1:


1. Terowongan Laerdal
Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia.

Mengapa Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. "Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.


Spoiler for 2:


2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis


Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.


Mengapa Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash. setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam terowongan.


Spoiler for 3:


3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Lokasi : Zion Canyon, Utah


Latar Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.


Mengapa Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.


Spoiler for 4:

4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico


Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.


Mengapa Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.4. Terowongan Smuggling
Lokasi : Tijuana, Mexico


Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.


Mengapa Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.


Spoiler for 5:


5. Marmaray Tunnel
Lokasi : Istanbul, Turki


Background: Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya telah menunda penyelesaiannya.


Mengapa Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.


Spoiler for 6:


6. Thames Tunnel
Lokasi : London, Inggris


Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.


Mengapa Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.


Spoiler for 7:


7. Seikan Tunnel
Lokasi : Honshu, Japan


Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.


Mengapa Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.


Spoiler for 8:


8. Yerba Buena Island Tunnel
Lokasi : Bay Area, California


Latar Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di San Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan lima jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.


Mengapa Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya membangun satu jembatan besar


Spoiler for 9:

9. Infiltration Tunnels
Lokasi : 38th Parallel DMZ


Latar Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara, dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.


Mengapa Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak 20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara dan Korea Selatan.


Spoiler for 10:


10. Natural Tunnel
Lokasi : Natural Tunnel State Park, Virginia


Latar Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu, ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock. Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832 adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.


Mengapa Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke delapan.

Spoiler for 11:


Latar Belakang : Pengemudi akan menemukan ini terowongan dengan panjang 1,67 mil, sekitar satu jam di sebelah barat Denver di tengah-tengah Rockies. Dibuka pada tahun 1973, menyingkat hampir satu jam dibandingkan rute alternatif melalui Loveland Pass.


Mengapa Unik : Ada banyak hal yang membuat Eisenhower Tunnel menonjol, seperti dengan ketinggian 11.158 kaki, yang menjadikannya salah satu terowongan yang tertinggi di dunia, serta fakta bahwa itu adalah terowongan gunung terpanjang di AS. Menambah struktur's mistik adalah bahwa ia memotong di bawah Continental Divide, titik di mana badan-badan air yang mengalir ke Pasifik dibagi dari tubuh air yang mengalir ke Atlantik.


Spoiler for 12:


12. Cheyenne Mountain Complex
Lokasi : El Paso County, Colorado


Latar Belakang : Jauh di perut Cheyenne Mountain adalah sebuah kota-seperti kompleks militer yang pernah menjadi pusat Pertahanan Luar Angkasa Amerika Utara (NORAD). Dirancang selama puncak Perang Dingin, fasilitas ini dimaksudkan untuk menahan ledakan nuklir dan dilengkapi dengan fitur mandiri, seperti menyediakan pasokan air dari mata air di gunung.


Mengapa Unik : Karyawan di kompleks ini bolak-balik setiap hari menyusuri terowongan sekitar 2000 kaki, perjalanan melalui beberapa pintu ledakan seberat 25-ton di sepanjang jalan. Para Insiyur membangun terowongan ini dengan menembus batu granit padat. Fasilitas ini dibuka pada tahun 1966. "Granit merupakan batu yang sangat keras," kata Hashash. "Untuk struktur pelindung itu sangat baik."


Spoiler for 13:


13. MailRail
Lokasi : London, Inggris
Latar Belakang: Beberapa kantor pos di bawah tanah telah bereksperimen dengan pengiriman surat. USPS digunakan pada sistem yang rumit selama awal abad ke-19, tapi London mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda dan membangun rel kereta skala bawah tanah yang digunakan hanya untuk paket.

Mengapa Unik : Sekitar 23 mil kereta surat lagu berlari sepanjang MailRail, dan terletak 70 meter di bawah hiruk pikuk keramaian dan jalan-jalan di London. Selama masa kejayaan sistem ini, kereta listrik tak berawak menyeret sebanyak 4 juta huruf perhari. Kereta bisa membuat itu dengan melalui 6,5 mil-terowongan dalam waktu kurang dari setengah jam, berhenti di sembilan stasiun yang menyortir surat di sepanjang jalan. Penggunaan sistem di turunkan secara bertahap hingga tahun 2003, ketika terowongan dan rel ditinggalkan karena kendala biaya.


Spoiler for 14:


14. Tokyo Bay Aqua-Line

Lokasi : Kawasaki City, Jepang


Latar Belakang: Jembatan dengan panjang hampir 3-mil ini masuk ke 6-mil-terowongan di wilayah rawan gempa bumi. Struktur dibuka untuk lalu lintas pada tahun 1997, berfungsi sebagai sarana komuter antara Kawasaki dan Kisarazu Kota Kota kurang lebih 45 menit sekali jalan.


Mengapa Unik : Sementara kombinasi jembatan dan terowongan ada di seluruh dunia, tempat istirahat besar dibangun di atas sebuah pulau buatan di pintu masuk terowongan ini membuat Aqua-Line berdiri di antara mereka. Pulau, yang disebut Umi-Hotaru, yang diterjemahkan menjadi "kunang-kunang laut," bertindak terutama sebagai tempat istirahat yang terdiri dari toko-toko dan restoran, dan dek pengamatan yang tampak di teluk.


Spoiler for 15:


15. PATH Tunnel System
Lokasi : Toronto, Canada


Latar Belakang : Kanada pada musim dingin bisa brutal, tapi tunel ini menyediakan kompleks bawah tanah yang sangat besar dengan cepat dan hangat untuk sampai pada pusat kota Toronto. Lebih dari 100.000 penumpang setiap hari melewati sistem mal bawah tanah serupa, yang merupakan rumah bagi lebih dari 1200 toko ritel.


Mengapa Unik : Beberapa kota, termasuk Houston, Minneapolis dan Montreal, memiliki sistem bawah tanah yang serupa, tetapi Toronto membuat terowongan yang terbesar, sekitar 16 mil. Akuntansi untuk faktor-faktor psikologis adalah suatu pertimbangan penting untuk kompleks ini, Hashash berkata, terutama ketika berorientasi ke pejalan kaki dengan keberadaan mereka dengan tepat. Toronto mengembangkan sistem signage komprehensif untuk kompleks terowongan selama tahun 1990-an, dan setiap huruf di sesuaikan dengan warna dan merepresentasikan arah yang berbeda. Komuter berjalan melalui bagian merah dapat yakin mereka menuju selatan, sementara oranye akan menunjukkan bahwa mereka sedang berjalan ke barat.


Spoiler for 16:


16. Cu Chi Tunnels
Lokasi : Cu Chi, Vietnam


Latar Belakang : ini labirin terowongan luas yang memainkan peranan penting dalam strategi Vietkong selama kedua Perang Indochina Perancis dan Perang Vietnam. Perkiraan pada ukuran sebenarnya terowongan berkisar lebih dari 150 mil.


Mengapa Unik : Sistem terowongan Vietkong dibangun di seluruh Vietnam, tapi terowongan di Cu Chi telah menjadi tujuan wisata yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung dapat bekerja dengan cara mereka melalui ruang sempit, periksa jebakan mematikan dan bahkan mengunjungi pusat komando bawah tanah di mana serangan Tet itu direncanakan. Beberapa terowongan hanya beberapa meter, sementara yang lain telah diperluas untuk mengakomodasi wisatawan yang lebih besar.


Spoiler for 17:


17. Gotthard Base Tunnel
Lokasi : Erstfeld, Swiss


Latar Belakang : Jika terowongan ini sudah selesai dikerjakan, ini akan menjadi terowongan transportasi terpanjang dengan panjang lebih dari 35 kilometer. Pengeboran melalui Pegunungan Alpen Swiss bukanlah tugas yang mudah, sehingga batas waktu untuk penyelesaian telah mundur beberapa tahun, dan biaya telah meningkat sebesar miliaran euro.


Mengapa Unik : Meskipun pegunungan, perjalanan kereta melalui Terowongan Basis Gotthard akan tetap pada ketinggian yang hampir sama untuk seluruh perjalanan. "Kebutuhan untuk mempertahankan elevasi adalah suatu pertimbangan penting jika Anda ingin menjalankan rel kecepatan tinggi melalui terowongan," kata Hashash. Dan sementara biaya proyek telah meningkat, terowongan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan perdagangan antara Swiss, Italia, Jerman, Austria dan banyak negara Eropa lainnya.


Spoiler for 18:


18. Jiucyudong Tunnel
Lokasi : Taroko National Park, Taiwan


Latar Belakang : Struktur buatan manusia ini juga dikenal sebagai Tunnel of Nine Turns, referensi ke gulungan naga cerita rakyat populer di Cina dan mitologi.


Mengapa Unik : The Tunnel of Nine Turns melalui tebing dan berjalan sepanjang tepi sungai di Taroko National Park, sebuah daerah yang dikenal karena kekayaan geologi, termasuk bentuk giok endemik ke Taiwan. Selesai pada tahun 1996, struktur memberikan sekilas formasi marmer alam yang unik, batu-batu yang jatuh walaupun tidak menimbulkan ancaman nyata-dan helm mungkin diperlukan untuk pelancong.

Memasuki Terowongan Vietkong

ELVINI EFFENDI Hutan persembunyian Vietkong jadi objek wisata di Vietnam.
BUKAN ke China tapi Ho Chi Minh, Vietnam. Pemberitahuan HRD akhirnya mematahkan gosip yang beredar sejak Desember. "Wah, lihat apa ya di sana?" kata mereka yang pada tahun-tahun sebelumnya sudah ke Hongkong, Thailand atau Malaysia. "Ngumpulin ranjau sisa perang sama selongsong peluru Rambo," jawab yang lain bercanda. Tour tahunan perusahaan yang saya ikuti pertama kali ini dibagi dalam 3 group,  staf dari berbagai departemen di perusahaan kami. Staf laki-laki boleh membawa istri, tapi anak tidak.
Saya masuk group kedua yang berangkat tanggal 7 April. Maka Kamis pagi pukul 4 itu saya kalang-kabut memberesi rambut yang masih basah karena bus jemputan yang saya kira datang setengah jam lagi sudah berdiri di depan rumah. Kami berangkat ke Bandara Polonia. Berhenti untuk sholat subuh di Perbaungan 1,5 jam setelahnya. Rute hari ini adalah Medan-Kuala Lumpur, Kuala Lumpur-Ho Chi Minh dengan pesawat Malaysia Airlines.
Setelah sempat ngopi dan sarapan kami boarding juga pukul 9.00. Saya menikmati penerbangan ke Malaysia ini, menikmati pemandangan indah pramugara-pramugara tampan yang wara-wiri ha-ha-ha… Sampai di Sepang Kuala Lumpur International Airport, transit lumayan lama, kami bisa Dzuhur dulu di sana.
Lumayan ramai siang itu, banyak rombongan umroh dari Medan-Indonesia. Bersama bu Ria dan bu Munthe saya berkeliling area bandara sebentar. Tidak beli apa-apa meski ada coklat aneka rupa. Ibu-ibu itu sempat ngeceng di gerai tas-tas mahal. Oh ya, saya agak ill fill tadi, waktu di pesawat sempat mendengar sepotong instrumentalia lagu Minang diputar di kabin, medley dengan lagu-lagu melayu, ah sudahlah…
Kami keluar Bandara Tan Son Nhat sekitar pukul setengah lima sore, 1 jam 55 menit dari KL. Wow, ramai sekaliii…. bule di mana-mana. Dollar yang kami bawa berganti Vietnam Dong di money changer di samping pintu kedatangan, 1 USD = 20.900 VND.  Sambil menunggu bus yang akan mengantar ke hotel Blue Diamond tempat menginap 3 hari itu suasana dihebohkan dengan kegiatan foto-foto. Semua yang berbau Vietnam jadi korban termasuk gadis pencatat antrean taksi yang berbaju tradisional, mendadak jadi model.

13040499341490082579
banyak sepeda motor kayak kita, tapi mereka tertib

Hotel Blue Diamond lumayan bagus. Meski terjepit diantara gedung lain tapi cukup komplit dan nyaman untuk ukuran hotel berbintang 3.  Semakin menarik lagi karena ada di pusat keramaian, dekat pasar, dikelilingi toko-toko. Dan tentu kami langsung mencari objek yang tepat untuk shopping! Ha-ha-ha...
Setelah istirahat sebentar, sholat ashar (waktu Vietnam sama dengan Indonesia) kami ke halal restoran untuk makan malam. Masakan melayu, enak tapi sayangnya porsinya sedikit untuk ukuran orang Indonesia, tidak ada “tambuah ciek”, uniknya lagi makanannya datang satu-satu. Habiskan nasi dan ikan lalu baru sayur datang ha-ha-ha….yah, beda bangsa beda cara lah…
13040500021294510455
Halal Restaurant

Menunggu bos-bos yang masih bercengkrama kami bergerombol di depan restoran. Tak lama  pedagang souvenir berdatangan. Ada kotak perhiasan, kipas, topi, t-shirt, ayunan  gantung. Melihat  kami yang bersemangat makin banyak saja pedagang yang datang. Tapi begitulah makin malam harga makin turun, kotak perhiasan yang tadinya ditawarkan Rp 100.000 per buah menjadi Rp 100.000 per 4 buah. Ternyata para pedagang ini juga menerima rupiah. Bu Munthe ngedumel juga karena terlanjur beli satu Rp 50.000, ha-ha-ha…
13040500641348092065
Pagi pertama di depan Blue Diamond

Pagi esok kami diajak ke terowongan pertahanan Vietkong pada masa perang  melawan Amerika, Cu Chi Tunnel.  Terowongan bersejarah ini berada dipinggir kota. Area yang berupa hutan dan telah disulap agar lebih menarik dikunjungi ini menampilkan satu sisi perang  Vietnam, please check   http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Vietnam. Terlihat meriam, rudal yang pasti milik Amerika dulunya.  Guide menjelaskan berbagai modifikasi senjata dan jebakan yang dibuat bangsanya pada masa itu.
Saya lampirkan beberapa foto di sana, banyak rombongan bule, berkeluarga kayaknya, nenek-kakek cucu….

130405062533495948
Mencoba salah satu lubang persembunyian



13040501891084519588
Penasaran, akhirnya masuk terowongan juga

Hutan persembunyian jadi objek wisata
1304050314691895427
Disuguhi makanan Vietkong, ada teh aroma kenanga

Acara di Cu Chi tunnel ini melelahkan juga. Berkeliling hutan, saya yang  single dan muda ini mendadak lebih lincah mencobai terowongan gelap yang ditempuh dengan jalan jongkok. Keringetan plus ngos-ngosan, tapi puass…
Nanti saya lanjutkan…

Sumber: http://www.kompasiana.com/elvini

Rabu, Mei 04, 2011

Malaysia Berutang 350 Triliun, Pagaruyung Cek Kebenaran





Malaysia yang dikenal dengan budaya klaim kekayaan Indonesia, dikabarkan memiliki utang kepada Kerajaan Pagaruyung, Padang, Sumatera Barat.

Tidak tanggung-tanggung utang tersebut bisa mencapai Rp350 triliun, nilai ini dikonversikan dengan nilai saat ini. Pasalnya utang emas tersebut sudah terjadi pada 1955.

Ahli waris Kerajaan Pagaruyung, Raudha Thaib saat dikonfirmasi okezone mengaku akan menelusuri kebenaran berita tersebut. Dia mencatat, ada kemungkinan pihak yang meminjam emas bukan hanya Malaysia, namun Swiss dan Belanda juga dikabarkan memiliki pinjaman.

“Kita masih melakukan penelusuran tentanag utang-utang negara lain pada Kerajaan Pagaruyung, karena sampai saat ini kita belum tahu kebenaran utang emas Malaysia itu kepada kita,” kata Raudha saat dikonfirmasi.
Seperti dilansir Kontan, utang Malaysia pada Pagaruyung terjadi pada 1955, saat Malaysia dipimpin oleh Tuanku Abdul Rahman. Saat itu Abdul Rahman bertemu dengan Presiden RI Soekarno. Kedua pemimpin itu melakukan pembicaraan soal kemerdekaan penuh Malaysia dari Inggris.

Salah satu yang dibicarakan keinginan Malaysia untuk mencetak uang. Namun saat itu Malaysia tidak memiliki jaminan atau kolateral berupa emas sebelum menerbitkan uang kertas. Singkatnya, Malaysia mendapatkan pinjaman emas dari Pagaruyung.

Setelah kolateral emas itu diterima dibuatlah perjanjian, Malaysia harus membayar pinjaman ini selama 30 hingga 40 tahun. Malaysia rutin membayar sampai 1988.

Namun setelah itu hingga 2011, Malaysia tidak melanjutkan pembayaran. Dengan demikian, utang Negeri Jiran itu memiliki utang 125 miliar ringgit.
____________