Selasa, Mei 10, 2011

Helikopter Pengangkut Barang Terbesar di Dunia



Pesawat terbang Anda sudah tahu, burung besi dengan sepasang sayapnya, ekor, dan bodi. Orang menciptakan pesawat terbang memang terinspirasi dari burung. Tapi helikopter, inspirasinya dari mana? Ada yang bilang meniru cara terbangnya capung. Entahlah, yang jelas kalo pesawat biasa kehilangan mesinnya masih bisa dikendalikan layaknya glider tak bermesin – dengan cara yang benar tentunya. Balon udara masih bisa diturunkan jika kehilangan tenaganya, tapi helikopter? Jika mesinnya mati opsi-nya cuma satu: jatuh! Kira-kira orang gila mana yang dulu berani menerbangkan prototipe helikopter? Bukan cuma menerbangkan, mereka juga ternyata bikin mesin terbang ini menjadi monster-monster raksasa di udara
ewasa ini helikopter-helikopter ini dibuat semakin besar sesuai dengan kebutuhannya terutama untuk mengangkut logistik perang, kargo udara, dan penanganan bencana.

Sekali mesinnya mati atau sesuatu menghalangi lajunya, tidak ada ampun, dia akan langsung menghunjam ke bumi. Maklum, tidak bersayap.

Tapi manusia tidak menyerah dan terus berusaha sehingga saat ini bisa dikatakan helikopter sudah seaman dan senyaman pesawat terbang biasa.
Helikopter di Alaska yang mencoba menarik kapal dengan sebuah tali yang panjangnya 600ft dengan posisi hidungnya yang bersudut 25 derajat ke bawah.

Bahkan mereka membuatnya dengan ukuran yang sangat besar.

Tidak seperti pesawat biasa, Lomba membuat helikopter-helikopter berukuran besar dimulai setelah Perang Dunia II. Seperti halnya banyak teknologi mesin terbang, helikopter mengalami kemajuan pesat menjadi lebih berfungsi dan aman. Sementara itu, di awal tahun 40-an mesin terbang cukup beruntung bisa terbang di udara – tanpa membunuh pilotnya.
Awalnya belum berlangsung begitu lama. Di tahun 50-an muncul desain-desain helikopter radikal, baik yang disponsori oleh Amerika maupun Uni Soviet. Salah satu desain yang sukses adalah Boeing Chinook yang dikenal tidak hanya digunakan untuk kepentingan militer tapi juga digunakan oleh perusahaan-perusahaan sipil untuk kargo. Muncul di akhir tahun 50-an dan bertahan sangat lama digunakan karena kemampuan angkutnya.

Saat ini versi modern dan terbarunya masih digunakan di seluruh dunia. Terbukti mampu menghubungkan lokasi-lokasi yang tidak mungkin atau sulit dijangkau. Chinook mampu mengangkut kargo seberat 28.000 pounds (14 ton).

Helikopter-helikopter Monster Soviet
Raksasa lainnya adalah Mi-6, buatan biro desain Soviet Mikhail Mil . Dibuat di tahun 50-an, Mi-6 sosoknya memang seperti monster. Meski bentuknya tidak seaneh Chinook, monster ini mampu mengangkut barang bawaan seberat 26.000 ton (12 ton). Helikopter ini termasuk yang paling populer di Soviet dan hingga kini beberapa diantaranya masih digunakan.
Meski Chinook kelihatan aneh dan Mi-6 begitu besar, sosok helikopter-helikpoter besar lainnya dibuat tidak lagi mementingkan ukurannya kecuali bentuknya saja yang semakin aneh. Lihatlah sosok Mi-10. Dibuat berbasiskan Mi-6 dengan 4 kaki monsternya yang mencolok, jadinya mirip capung raksasa.





Bukan Amerika namanya kalau tidak menciptkan helikopter yang juga besar seperti punya Soviet. Mungkin karena didesain oleh Hughes, helikopter XH-17 ini benar-benar besar dan menakutkan. Jadi inget film Transformer. Hehe.
CH-54 Tarhe sedang mengangkut F-4 Phantom II yang rusak:

Sikorsky S-64 Skycrane, gambar dari model helikopter yang cantik, lihat di sini:

Fairey Rotodyne, 1959, digembar-gemborkan sebagai “Airline dengan vertical take-off pertama di dunia” (proyeknya dihentikan 1962) dan merupakan airline pertama di dunia yang menggunakan helikopter: New York Airways, 1953

“Pada 8 Juli 1953, perusahaan New York Airways menjadi yang pertama kali melayani penumpang dengan menggunakan helikopter. Beroperasi seperti dengan gaya sebuah perusahaan bis, helikopter-helikopter ini terbang dari lokasi-lokasi seperti La Guardia Airport, New York International Airport, Neward Airport, West 30th Street di Manhattan, White Plains, dan Stamford sepanjang hari” Helikopter Terbesar Sepanjang Masa dan Salah Satu Yang Paling Aneh

Selain capung raksasa seperti Sky Crane dan MI-10, lihat juga sosok pesawat ini yang sebenarnya mirip-mirip pesawat terbang biasa. Tapi ada rotor baling-baling utama, baling-baling ekor, juga bodi pesawat, dan monster yang dinamakan Mil V-12 ini memang lain daripada yang lain:




Memang monster ini punya baling-baling, tapi di V-12 baling-baling ini diletakkan di sisi samping bodinya yang besar. Aneh kan? Sampai saat ini helikopter inilah yang dianggap sebagai yang terbesar di dunia. Seberapa besar ? Lebarnya sama dengan Boeing 747, tapi tidak seperti 747 yang membutuhkan landasan panjgan, V-12 mampu take-off secara vertikal dan pada saat yang sama menarik beban seberat 55.000 pounds atau bahkan 80.000 pounds.

“Pada tanggal 6 Agustus 1969, Mi-12 telah mengangkut kargo seberat 44.205 kg pada ketinggian 2255 m, dan tercatat sebagai rekor dunia untuk kapasitas helikopter yang hingga kini belum terpecahkan.”
Mi-26: Helikopter Terbesar di Dunia Yang Masih Beroperasi

Jangan coba-coba mendekati monster yang satu ini ketika baling-balingnya berputar. Batu-batu berdiameter 12 inch saja bisa diterbangkan seperti daun. Kru-nya berjumlah 6 orang, NATO menyebutnya “Halo”, mega helikopter ini mampu mengangkut 70 penumpang atau sebuah laboratorium di udara, atau sebuh dump-truck, dengan masih menyisakan ruang.
Saat dibandingkan dengan Chinook, Mi-26 jelas lebih besar. Lihat modelnya berikut ini:

Lihat chart detail dari mesin ini di sini. Mi-12 masih lebih besar dibanding dengan Mi-26, sayangnya Mi-12 sudah tidak terbang lagi.
Mi-26 sedang mengangkut Mi-10 dengan tali:

Di bawah ini rotor utama Mi-26 dan gearbox-nya:

“Bulan November 2003, koalisi pimpinan Amerika menjalankan Opersi Mountain Resolve di provinsi Nuristan dan Kunar, Afganistan. Foto saat operasi di atas diambil oleh sersan Greg Heath dari US Army. Chinook mendarat untuk menjemput tawanan Afganistan yang ditangkap oleh US Mountain Division ke-10.”
Informasi yang lain menyebutkan sebenarnya ada satu helikopter yang benar-benar berukuran terbesar di dunia, tapi sayangnya baru berupa konsep

 

Foto Proses Produksi Pembuatan Busi di China



Beginilah busi sepeda motor dibuat di China








10 bakat yang aneh dan unik

1.Orang yang bisa ditendang di selangkangan tanpa Terluka
 
Yong Hsueh, seorang biarawan Shaolin, muncul pada versi Cina Britain's Got Talent untuk menunjukkan kemampuannya untuk mendapatkan ditendang di selangkangan tanpa menderita cedera.

Dia mengatakan kepada penonton: "selangkangan Baja Kongfu adalah seni kuno, dengan akar peregangan kembali ke Cina kuno. "Ini adalah latihan untuk memperkuat dan melindungi organ kelamin laki-laki jadi hanya sedikit kesempatan mereka terluka atau tidak mampu dalam pertempuran."

Cross berkaki anggota laki-laki dari penonton menyaksikan kaget saat beberapa anggota panel diundang untuk menendang biarawan - yang hanya membungkuk dan tersenyum setelah setiap mendapat tendangan diantara selangkangan.

Biarawan itu mengatakan keterampilan ini hanya bisa dipelajari oleh seorang pelajar yang dimulai pada masa kanak-kanak - dan ini melibatkan mendorong testis ke dalam tubuh di mana testis terlindungi dan tidak bisa terluka.

2. Orang yang dapat meregang kulitnya lebih dari 6 inci
 
Garry Turner (Inggris), lebih dikenal sebagai Stretchy Skin Man, mampu meregangkan kulit perut buncit nya sepanjang 15,8 cm (6.25 in) akibat kondisi medis yang langka yang disebut Sindrom Ehlers-Danlos, gangguan dari jaringan ikat yang mempengaruhi kulit, ligamen dan organ internal.

3. Orang yang bisa bersendawa pada kekuatan 110 desibel

Setiap orang memiliki bakat khusus For Paul Hunn, it's the ability to belch at 110 decibels.
Bagi Paulus Hunn, kemampuan untuk bersendawa di 110 desibel. Dia mencapai rekor Guinness World untuk sendawa paling keras di dunia dari The New Paul O'Grady Show, London, Inggris, pada tanggal 24 September 2008.

4. Para manusia karet yang dapat masuk melalui kepala raket tenis
 
Kapten Frodo adalah sosok yang sangat membingungkan.Mungkin karena tubuhnya yang setengah telanjang dan sangat putih, mata melotot, tato di punggungi, atau mungkin karena tindik 2 inci pada putingnya

Atau mungkin itu adalah fakta kecil yang saat ini ia sedang meremas tubuhnya melalui raket tenis berdiameter 10 inci -. Dia manusia karet di La klik, sebuah sirkus yang juga fitur juggling, atraksi menelan pedang dan lain-lain

5. Orang yang dapat menarik minivan dengan menggunakan kelopak matanya
 
Lain kali mobil Anda membutuhkan derek tapi ternyata Anda tidak punya peralatan yang tepat, bicara dengan orang ini. Stuntman Xie Zhongcai di Hefei, bagian timur Provinsi Anhui China, memiliki gagasan lain yang sesuai pekerjaan.

6. Orang yang bisa memuntahkan apa saja
 
Liang Yuxin mengalahkan dewa mabuk terburuk yang selalu muntah untuk menjadi pemegang rekor dunia tukang muntah.Orang Cina, 25, dari Xia Mei telah mengejutkan para dokter dengan kemampuannya untuk memuntahkan apa pun dari ikan hidup sampai rantai 50-inci.

Sedangkan proses penetapan mojitos sepuluh atau lebih di pagi hari mungkin merasa tidak wajar, kemampuan Liang Yuxin untuk memuntahkan perhiasan bahkan menjadikan katzenjammer malu.
Para chunderer Juara berkata: "Aku tahu aku bisa melakukannya ketika saya masih kecil dan saya tidak sengaja menelan bola dan memuntahkannya kembali. 'Sekarang aku sepertinya bisa menelan apa pun. "

Liang telah diambil untuk secara teratur menelan ikan dan apa pun yang akan masuk ke kerongkongan nya untuk iseng, dan sekarang berbicara untuk Guinness World Record pada rekor menelan koin terbanyak.
Rekor yang telah dipecahkan oleh orang inggris dengan menelan 10 koin, dan saya bisa melakukan 11 koin , katanya

7. Orang yang bisa menyemprotkan susu dengan matanya
 
Ilker Yilmaz mungkin hanya memegang salah satu dari catatan yang paling aneh di dunia dunia.


Pekerja konstruksi Turki menuangkan susu ke tangannya,menghisap melalui hidung dan disemprotkan sejauh 9.2 meter keluar dari mata kirinya dalam rangka untuk memecahkan rekor dunia baru.

8. Orang yang dapat menapung sebuah kaleng Coke di mulutnya
 
Temui orang yang mendapat tempat di Guinness World Records untuk memiliki mulut seeprti karet dia bisa memuat seluruh kaleng Coke di dalamnya ... .

mulut Francisco Joaquim Domingo membentang dengan panjang 6,69 inci, pemuda berusia 20 tahun pemegang rekor dari Sambizanga, Angola ini, dikatakan telah meraih ketenaran setelah memamerkan bakatnya di pasar lokal dan permainan sepak bola.

9. Wanita yang memainkan dua seruling dengan hidungnya
 
Performer Claire Hawes pada Britain's Got Talent membuat hakim terdiam setelah memamerkan kemampuan luar biasa dengan alat musiknya. Tidak puas dengan bermain hanya satu instrumen, ia memainkan dua - yang dia tiup dengan hidung, bukan dengan metode yang lebih konvensional menggunakan mulutnya. Claire hanya satu dari kopling pelaku yang berharap untuk membuatnya lolos ke final acara TV.

10. Profesor yang dapat menggambar lingkaran yang sempurna dengan tangan

Alexander Overwijk bisa menggambar lingkaran sempurna berdiameter 1 meter freehand dalam waktu kurang dari satu detik.

9 teknolgi trasportasi aneh

Memang menemukan sebuah ide tidaklah mudah, bahkan inovasi-inovasi terbaik yang ada di dunia ini berasal dari ide-ide yang sangat konyol, Thomas Edison banyak dicaci oleh orang-orang sekitarnya sebelum ia menemukan bola lampu.

Wright bersaudara banyak ditertawakan oleh para penonton yang menonton percobaan mereka untuk terbang. Diperlukan keteguhan untuk merubah pola pikir orang banyak. Berikut ini adalah ide-ide inovatif dari para penemu yang mungkin saat ini terlihat konyol.

1. Mobil Roda 3
Penemuan Sepeda Roda 3 sangatlah jenius untuk menjaga agar anak-anak tidak terjatuh dari sepeda mereka. Namun apakah ide yang sama dapat diterapkan juga pada sebuah mobil? Hmm, pernah nonton film Mr. Bean? pasti ingat musuh bebuyutannya, sebuah mobil berjenis Reliant Robin.

Tidak perlu seorang insinyur untuk menilai, kalau jenis mobil tersebut sangatlah labil, apalagi dalam mengambil tikungan tajam.

Semua beban mobil bagian depan harus diseimbangkan oleh sebuah roda. Apalagi kalau tikungan tersebut dilakukan dengan kecepatan tinggi.

Kesimpulannya, orang yang berminat atas mobil tersebut harus memiliki rute yang lurus ke tempat kerja sehari-hari, dan tidak pernah tergesa-gesa, meskipun urusannya darurat.

2. Sinclair C5

Kalau yang ini lebih mirip lagi dengan sepeda roda 3. Dijelaskan sendiri secara gamblang di dalam website mereka, “Sinclair C5, sebuah malapetaka pemasaran.

Media menyebutnya sebagai lelucon. Dari 12 ribu unit Sinclair, sebagian besar dibuang ke luar negeri.

3. Toyota Personal Mobility Concepts

Toyota yang telah berkembang dan menguasai pasar otomotif dunia, kini berniat menguasai pasar kursi roda di masa depan.

i-unit, i-swing, dan terakhir i-real, merupakan produk yang menurut Toyota sendiri tidak memiliki point pejualan.

Apalagi ukurannya yang memakan ruang parkir hampir seukuran sebuah mobil, kecepatan maksimum hanya 20 mph, dan tidak memiliki sistim keamanan apapun untuk pengendaranya.

Memang ide untuk mengembangkan suatu kendaraan dengan jumlah roda yang ganjil cukup menjadi bahan lelucon.

4. Kendaraan Beroda Satu

Ini adalah Audi Snook, sebuah kendaraan beroda satu yang dipasangi mesin. Mskipun hanya baru konsep, tetapi konsep ini telah mendapatkan penghargaan beberapa kali.

Meskipun kendaraan ini dapat berdiri secara seimbang apabila dalam keadaan berhenti, anda tidak akan mau berada di dalamnya ketika angin kencang tiba-tiba bertiup.

Coba kita bayangkan, ada dua atau beberapa Snook yang saling bertabrakan tentu sangatlah menggelikan.

5. Railplanes (Kereta Terbang)

Ini sebenarnya adalah sebuah proyek yang sudah ditutup. Tetapi idenya sendiri masih berkembang hingga saat ini. Pada dasarnya kereta terbang adalah sebuah kereta api yang dipasangi baling-baling di bagian ekornya.

Pada masa 1930an, pesawat adalah kendaraan yang paling cepat dan kereta api adalah kendaraan dengan daya angkut paling banyak.

Bagaimana menggabungkannya adalah ide yang paling konyol, karena tanpa menghiraukan prinsip aerodinamis, kereta api yang tidak memiliki keseimbangan akan hancur berantakan ketika baling-baling tersebut digunakan, belum lagi masalah keamanan, baling-baling sebesar itu dalam sebuah kendaraan darat.
ilustrasi

6. Kendaraan Berkaki

Karena keterbatasan roda yang hanya efektif di permukaan datar dan dengan maksud meniru sistim kerja kaki manusia yang dapat berjalan di segala medan, dibuatlah proyek kendaraan berkaki.

Disponsori oleh militer, kendaraan berkaki banyak menghabiskan banyak sekali dana dan sejauh ini yang bisa dibuat adalah “Walking Truck”. sebuah kendaraan yang sangat susah dikendalikan, belum lagi tingkat kecepatannya yang sangat lambat.

7. Mobil Tenaga Nuklir

Adalah Ford Nucleon, yang memiliki konsep dengan tenaga nuklir. Diusulkan oleh Ford pada tahun 1958, ketika pengetahuan tentang dampak nuklir masih sangat sedikit.

Didesain dengan menempatkan reaktor di belakang dan kabin penumpang di depan agak jauh daripada mobil biasa untuk melindungi pengendara dari radiasi.

Konyolnya tanpa menyadari kalau terjadi tabrakan dari arah belakang, akan terjadi ledakan nuklir.

8. Bis Layang

Bis yang merupakan moda jalan raya yang dapat menampung penumpang terbanyak, memiliki kekurangan dengan ukurannya yang terlalu banyak makan tempat di dalam jalur lalu lintas.

Oleh karena itu, insinyur-insinyur di China membuat sebuah konsep bis yang berjalan di ketinggian, melewati berbagai macam kemacetan di jalan raya.

Pemerintah China sangat serius mengembangkan ini, bahkan direncanakan akan beroprasi di 2011 dekat ini.

9. Mobil Terbang

Ide akan sebuah mobil terbang sejak dahulu sangatlah populer. Bagaimana tidak, sebuah mobil yang bisa terbang tidak akan menemukan kemacetan, polisi, atau pedagang asongan di perempatan. Tetapi untuk mewujudkannya adalah hal yang sangat menyedihkan.

Sejauh ini sebuah mobil terbang yang dibuat hingga mendapatkan penghargaan oleh Majalah Times sebagai penemuan terbaik 2010 adalah Terrafugia yang pada dasarnya adalah sebuah pesawat dengan 4 roda seperti mobil.

Tentu membutuhkan sebuah landasan pacu untuk terbang. Artinya, sebuah jalan panjaaaaang dan mulus tanpa hambatan agar Terrafugia dapat terbang, dan mendarat. Lalu apa bedanya dengan pesawat terbang capung?
 

Menara Kuala Lumpur Ternyata Rancangan Putra Indonesia

Malaysia dengan Menara Kuala Lumpurnya, yang merupakan salah satu dari empat menara tertinggi di dunia. Menghabiskan dana tak kurang Rp. 267,5 miliar, menara itu anti gempa dan anti topan. Tahukah agan2 kalau perancangnya adalah Putra Indonesia ?


Selain memiliki perdana menteri yang dikenal vokal dan berani mengecam berbagai kebijakan Barat yang sering dia anggap merugikan negaranya, Malaysia juga sangat peduli dengan pengembangan berbagai objek wisatanya. Salah satunya dengan membangun sebuah menara menusuk langit, yang ingin diusung sebagai unsur kebanggaan nasional Malaysia. Namanya Menara Kuala Lumpur (KL), yang terletak di ibu kota negeri jiran itu.

Menara KL yang puncaknya menyentuh angkasa 421 m itu dibangun sejak 1994 dan diresmikan penggunaannya oleh PM Dr. Mahathir Mohamad pada September 1996. Ia merupakan menara keempat tertinggi di dunia setelah Menara CN (kanada, 553 m), menara Ostankino (Rusia, 537 m), dan Menara Shanghai (Cina, 460 m). Bandingkan dengan ketinggian Monas, kebanggan masyarakat Indonesia yang menjulur 132 m ke udara.

Namun kita pun boleh mendompleng kebanggan Malaysia karena bagaimanapun desain rancangan menara itu lahir dari tangan Ir. Achmad Moerdijat, putra Indonesia lulusan Insitut Teknologi Bandung, kendati sudah sejak lama ia bermukim di negeri itu.

Selain ketinggiannya, Menara KL memiliki sejumlah keunikan. Yang patut disebut umpamanya, konstruksi bangunannya dirancang begitu rupa sehingga andai kata digoyang gempa bumi atau angin ribut, menara jangkung ini seolah bagaikan pohon yang lentur mengikuti arah tiupan angin atau goyangan gempa sampai sejauh 1,5 m di bagian puncaknya. Hebatnya lagi, jika gejala alam itu terjadi, konon mereka yang sedang berada di dalamnya tidak akan merasakan gerakan apa-apa sejak menara itu condong hingga kembali ke posisi semula.

Mungkin karena itulah fondasi Menara KL ini dibuat sampai kedalaman 117 m yang membutuhkan semen sekitar 7.100 m3 dan waktu dua minggu terus-menerus hanya untuk menuangkannya. Pembangunan menara yang mengisap dana tak kurang dari RM 250 juta (± Rp. 267,5 miliar) itu digarap oleh kontraktor asal Jerman yang sudah berpengalaman dan terkenal dengan karya-karya raksasanya sejak 1875. Berbobot mati 100.000 ton, Menara KL konon merupakan adikarya ke-11 perusahaan kontraktor tersebut.
Dengan luas lantai 7.700 m2, pada dasarnya menara itu terdiri atas tiga bagian utama, yaitu fondasi, badan, dan kepala menara serta terbagi dalam tujuh tingkat dengan fungsi yang berlainan. Pintu utama menara terbuat dari batu marmer yang dipesan khusus sehingga mirip dengan pemandangan luar Taj Mahal di India. Pada beberapa tempat di sekelilingnya dipasang kaca berkimia untuk mencegah masuknya polusi udara ke dalam menara. Mungkin juga termasuk jerebu alias asap yang mungkin datang lagi akibat kebakaran hutan di Indonesia.
Desain puncak menara yang berbentuk nenas itu diilhami oleh nama kawasan Bukit Nenas, tempat menara didirikan. Bagian luar dan dalam puncak menara diberi sentuhan ukiran bercirikan islami yang dibuat oleh para seniman dari Timur Tengah. Ada 12 buah lampu yang mengelilingi menara, masing-masing berharga RM 1.500. Semuanya menyala selama 24 jam dan menyuguhkan keindangan tersendiri di malam hari.
http://www.windowscraze.com/forum/Menara-Kuala-Lumpur-Ternyata-Rancangan-Putra-Indonesia