Sabtu, Mei 14, 2011

Melihat aktifitas pilot di bandara sebelum lepas landas


Quote:
Sebelum seorang pilot menerbangkan pesawat udara, ada aktifitas yang dilakukan oleh para pilot. Pilot di haruskan menghadiri pemeriksaan medis, mengikuti briefing penerbangan, memperoleh clearance outbound dan melakukan banyak hal lain di bandara. Lihat apa yang mereka biasanya lakukan secara rinci.
Quote:
Spoiler for 1:
Pilot memasuki gedung layanan melalui pintu masuk yang terpisah di terminal bandara. Bandar udara ini dibagi menjadi dua area, "normally occupied" dan "non occupied". Area "normally occupied" adalah area di dalam bandara, untuk bisa masuk kesana harus melalui pemeriksaan. Semua bagian lain dari bangunan ini disebut "Nonoccupied" area.
Spoiler for Entrance:



Spoiler for 2:
Tepat setelah melewati semua pemeriksaan, semua awak harus menghadiri pemeriksaan medis.
Spoiler for medic check:



Spoiler for 3:
Disini pilot menerima tugas penerbangan, di mana semua informasi lain tentang penerbangan dicatat. Pemeriksaan medis harus dihadiri sekurangnya 2 jam sebelum keberangkatan dan tidak lebih dari 1 jam. Seorang dokter mengukur tekanan darah dan mencatat denyut nadi. Dia menilai kondisi pilot dan apabila dia mempunyai kecurigaan, tes tambahan akan dilakukan.
Spoiler for medic check:



Spoiler for 4:
Di ruangan berikutnya, kepala pramugari menerima perlengkapan P3K. Setelah penerbangan mereka akan mengembalikannya. Isi perlengkapan P3K secara rutin di perbarui dan dokter spesialis akan memeriksa tanggal kadaluarsa obat tersebut.
Spoiler for medicine:



Spoiler for 5:
Setelah pemeriksaan medis selesai pilot akan menuju ke ruang briefing di lantai bawah.
Spoiler for Brief:



Spoiler for 6:
Di akhir ruangan, di sebuah jendela, co-pilot menerima dokumentasi untuk pesawat di dalam sebuah koper besar.
Spoiler for Doc:



Spoiler for 7:
Pilot sedang mempelajari dokumen routing, pola pendekatan, memeriksa laporan cuaca, memilih rute terbaik, mengestimasi jumlah yang dibutuhkan untuk bahan bakar dan lain-lain.
Spoiler for Learn:





Spoiler for 8:
Di sini pilot menerima informasi tentang cuaca di semua bagian arah, rute dan kecepatan angin, kemungkinan turbulensi.
Spoiler for Learn:





Spoiler for 9:
Seorang komandan pesawat dapat melihat informasi tambahan mengenai penerbangan di meja terpisah di ruang briefing.
Spoiler for Check:



Spoiler for 10:
Jika dia mempunyai keraguan tentang cuaca, ia mungkin berkonsultasi dengan ahli meteorologi yang bertugas.
Spoiler for Check:



Spoiler for 11:
Pada jendela pemberangkatan, co-pilot mengisi formulir dengan informasi tentang penerbangan. Berdasarkan informasi ini pusat massa pesawat didefinisikan.
Spoiler for Check:





Spoiler for 12:
Arahan kepada kepala pramugari
Spoiler for Guide:



Spoiler for 13:
Filosofi dari perusahaan AIRBUS adalah bahwa awak pesawat harus diperbaharui. Itulah sebabnya seorang komandan pesawat dan co-pilot berbeda-beda setiap penerbangan. Situasi yang sama dengan awak kabin, Mereka berkenalan sebelum penerbangan di lounge.
Spoiler for Philosophy:



Spoiler for 14:
Kepala pramugari memberikan instruksi kepada kru pesawat.
Spoiler for Instruction:



Spoiler for 15:
Setelah semua persiapan selesai, pilot datang ke loket informasi pemberangkatan dan melapor jika ia memutuskan untuk melakukan penerbangan.
Spoiler for Dispatch:



Spoiler for 16:
Pilot pergi menuju ke pesawat dengan minibus khusus.
Spoiler for Heading:



Spoiler for 17:
Di area lapangan udara semuanya harus memakai rompi hijau dan pilot tanpa terkecuali.
Spoiler for Vest:



Spoiler for 18:
Pemeriksaan awal sistem operasi
Spoiler for Check:



Spoiler for 19:
Memeriksa keadaan pesawat.
Spoiler for Check:





Spoiler for 20:
Sensor tidak boleh membeku di kondisi dingin.
Spoiler for Check:





Spoiler for 21:
Baling-baling mesin juga tidak boleh membeku.
Spoiler for Check:



Spoiler for 22:
Jika terjadi beku, teknisi di panggil untuk menghangatkan.
Spoiler for Check:





Spoiler for 23:
Hatch filler harus tertutup rapat.
Spoiler for Check:



Spoiler for 24:
Pembuang Listrik statis harus diperiksa juga.
Spoiler for Check:



Spoiler for 25:
Dan juga pembuangan mesin.
Spoiler for Check:



Spoiler for 26:
Bagian ekor harus di set ke nol.
Spoiler for Check:



Spoiler for 27:
Kampas rem dan kondisi roda berhenti harus diperiksa juga.
Spoiler for Check:



Spoiler for 28:
Pemeriksaan sistem pesawat.
Spoiler for Check:



Spoiler for 29:
Jika semuanya OK, maka lampu dinyalakan.
Spoiler for Check:




 
memeriksa perlengkapan keselamatan.
Spoiler for check:



Spoiler for 31:
dan siap untuk lepas landas
Spoiler for ready:




8 Mobil Unik Buatan Indonesia

Meskipun tidak seluruh komponennya asli Indonesia, tetap saja desain hingga perakitan, seluruhnya dikerjakan oleh tangan-tangan ahli bangsa Indonesia. Sepertinya, karena keadaan sarana transportasi di negara ini yang tidak begitu bagus, seperti kemacetan di kota besar, dan jalan jelek di daerah pedesaan, dibuatlah mobil yang sesuai untuk itu. Bisa dilihat dari bentuknya yang kecil, atau kemampuannya yang kuat di segala bidang. Berikut ke 8 mobil yang layak ditampilkan tersebut :

1. Mobil Kancil

Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didesain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta.

Spoiler for mobil kancil:




2. Mobil Esemka

Mobil yang satu ini hebatnya justru dibuat oleh para siswa SMK. Mobil Esemka memiliki 5 jenis varian yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van. Gambar di atas merupakan Mobil Esemka SUV buatan siswa-siswa SMK 1 Singosari Malang yang dikerjakan tidak kurang dari 50 siswa SMK Singosari Malang dan menghabiskan biaya sebesar Rp. 175 Juta dalam pembangunan mobil ini. 5 jenis mobil Esemka yang lainnya dikerjakan oleh SMK-SMK lainnya. Untuk harganya, anda cukup mengeluarkan uang 80 Juta saja untuk mendapatkan mobil ini.

Spoiler for mobil esemka:




3. Mobil Komodo

Nama Komodo disematkan bukan karena bentuk mobilnya yang seperti Komodo, namun lebih pada fungsinya yang seperti Komodo, yakni selain kuat, Komodo bisa hidup di dua alam sekaligus. Seperti namanya, jangankan di lumpur, di air sekalipun Komodo sudah teruji kehandalannya. Mobil Komodo adalah garapan PT Fin Tetra Indonesia asal Cimahi, Jawa Barat. Komodo hanya mampu membawa 2 orang penumpang.

Spoiler for mobil komodo:





4. Mobil Tawon

Mobil imut ini buatan PT Super Gasindo Jaya. Mobil Tawon ini sudah mampu membawa 4 orang dan dibanderol dengan harga 48 Juta. Kapasitas mesinnya 650 cc dan mampu mencapai kecepatan hingga 85 km/jam! Diperkirakan mobil ini akan menggantikan bajaj2 di Jakarta dan juga akan diproduksi secara massal.

Spoiler for mobil tawon:




5. Mobil Arina

Mobil Arina ini kapasitas mesinnya hanya 150 cc, kecepatannya mampu mencapai 70 km/jam, namun konsumsi BBMnya cukup hemat, yaitu untuk 40 km hanya diperlukan 1 liter bensin.
Mobil Arina, merupakan singkatan dari Armada Indonesia, badan hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mobil mikro Arina akan terus dikembangkan sehingga menjadi 100 persen buatan negeri. Jika sudah 100 persen lokal, harganya bakal berada di bawah Rp 30 juta.

Spoiler for mobil arina:




6. Mobil GEA

GEA merupakan singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif. Nama GEA diberikan karena mobil yang bentuk dan spesifikasi mesinnya sangat mirip Nano tersebut memakai bahan bakar gas yang dijamin bisa ramah lingkungan. Jika diberi izin pemerintah, PT Inka memprediksi bisa memberi harga GEA pada banderol Rp 45 juta – Rp 50 juta per unit. Mesin GEA ini berkapasitas 650 cc dan telah diuji telah menempuh 10 ribu km dengan kecepatan 85 km per jam.

Spoiler for mobil gea:




7. Mobil Wakaba

WAKABA merupakan singkatan dari Wahana Karya Bangsa. Pembuatan mobil ini dilakukan di Universitas Pasundan dengan melibatkan tiga orang peneliti dan 12 mahasiswa universitas Pasundan. Dana pengembangannya selain dari Pemda Jawa Barat, juga dari kementrian ristek serta Unpas dan Working Group yang menghabiskan dana lebih dari Rp 200 juta. Mobil kecil itu bermesin bensin 500 cc. Mesin yang dipakai mesin buatan BPPT Kemetrian Riset dan Teknologi, dengan tingkat kecepatan yang low speed.

Spoiler for mobil wakaba:




8. Mobil Marlip

Selain mobil-mobil berbahan bakar konvensional di atas, ternyata jauh-jauh hari anak-anak Indonesia sudah merancang mobil listrik. Adalah Mobil bertenaga listrik produksi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), disebut MARLIP (marmut listrik LIPI), yang merupakan salah satu wujud solusi ilmu pengetahuan dan teknologi atas krisis energi di negeri ini. Marlip di antaranya telah digunakan di rumah sakit, lokasi wisata, markas kepolisian, dan lapangan golf. Marlip juga digunakan saat peringatan 50 tahun Konferensi Asia Afrika di Bandung. Namun, pemanfaatannya tetap belum signifikan.
Spesifikasi teknis Marlip adalah berkecepatan 40 km/jam untuk jalan datar dan 20 km/jam untuk tanjakan, jarak tempuh 300 km, masa aktif delapan jam, waktu pengisian baterai tercepat 2,5 jam (rata-rata 4-5 jam), dan berat kosong 300 kilogram untuk jenis city car dan smart. Harga pesanan Rp 40 juta per unit.

Aneka Modifikasi Mobil Paling Gila Namun Unik

Mungkin anda sudah biasa dan lazim jika melihat atau mendengar berbagai macam merk mobil, mulai dari yang sederhana sampai yang terkesan mewah. Tetapi bagaimana dengan aneka foto motifikasi mobil dibawah ini: