Jumat, Oktober 28, 2011

Rusia Bangun Kota Modern di Kutub Utara

Kota ini akan dinamakan "Umka", diambil dari salah satu karakter kartun beruang kutub.

Pemandangan di bongkahan es Kutub Utara (Reuters/Francois Lenoir)
 
VIVAnews - Rusia sedang merencanakan untuk membangun kota ultra-modern di salah satu pulau beku di lingkar dalam Kutub Utara. Ini merupakan upaya Rusia untuk melakukan eksplorasi sumber daya alam, minyak dan gas, yang tersedia di kawasan kutub tersebut.

Kota ini akan dinamakan "Umka", yang diambil dari salah satu karakter kartun berbentuk beruang kutub, yang dibuat studio animasi Soyuzmultfilm dan populer di Rusia.
Sekitar 5.000 orang yang tinggal di Umka akan bernaung di kubah besar yang dirancang khusus untuk melindungi orang-orang di dalamnya dari suhu beku Kutub Utara. Setidaknya, suhu beku itu bisa mencapai di bawah 30 derajat Celcius di musim panas.

Walau di luar kutub ini memiliki suhu beku, tapi di dalamnya didesain dengan suhu yang hangat. Berbagai fasilitas pun disiapkan layaknya sebuah kota, termasuk bermacam fasilitas mewah.

Kami ingin orang-orang untuk tinggal dan bekerja, dan tidak menyadari kalau mereka berada di ruang tertutup, yang dikelilingi cahaya dingin ekstrim di luarnya," kata arsitek Valery Rzhevskiy, yang telah memperlihatkan desain modern ini untuk mendapat persetujuan PM Rusia Vladimir Putin.

"Kota ini juga akan penting dan strategis untuk menjadi pos terluar Rusia di Utara," lanjut Rzhevskiy.

Sumber menyebut, Umka akan ditempati oleh prajurit, penjaga perbatasan, agen rahasia, juga ilmuwan dan ahli eksplorasi Rusia. Ini sekaligus menjadi bukti keseriusan Rusia untuk memperkaya cadangan mineralnya.

Anggaran Rp10 triliun pun telah disiapkan untuk membangun kota ajaib ini di pulau terpencil Kotelniy, di kepulauan Novosibirsk, sekitar 1.600 kilometer dari inti Kutub Utara. Ini masih di wilayah Rusia, tapi lebih dekat ke Kutub Utara dibanding kota di Rusia manapun.

Umka didesain seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional. "Sejauh ini, ini merupakan proyek satu-satunya yang menggunakan iklim buatan dan pendukung kehidupan buatan, yang ada di dunia," jelas Rzhevskiy. "Kita harus menggunakan teknologi luar angkasa untuk menciptakan ini," lanjutnya.

Listrik akan tersedia dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir yang mengapung. Untuk persediaan makanan, akan dipenuhi dari perikanan, peternakan, juga pertanian di dalam kubah Umka.

"Tidak akan ada sampah sama sekali. Sebagai sebuah kota, akan tersedia dua pabrik pengubah semua benda tak terpakai menjadi abu," ucap Rzhevskiy.

Ini merupakan langkah signifikan Rusia terhadap kawasan Kutub Utara. Sebelumnya, dunia pernah terperanjat saat penjelajah kutub asal Rusia, Artur Chilingarov mengibarkan bendara Rusia di Kutub Utara pada 2007 silam.

"Kita harus buktikan bahwa Kutub Utara masih merupakan lanjutan dari wilayah daratan Rusia," ucap Chilingarov ketika itu. | Daily Mail

Bila Mobil Celaka Saat Melaju 200 Km/Jam


Ford Focus itu hancur berantakan dan nyaris tidak berbentuk lagi
Ford Focus melakukan crash test (Dailymail.co.uk)
VIVAnews - Setiap mobil yang akan diproduksi tentunya harus menjalankan serangkaian tes uji seperti, crash test (tes tabrakan). Hal itu dilakukan akan dapat mengetahui tingkat keamanan serta keselamatan mobil sebelum diniagakan ke pasar.

Namun, apa jadinya jika crash test itu dilakukan dengan kecepatan di atas batas normal, yakni 200 km/jam--biasanya crash test yang dilakukan EuroNCAP hanya menyentuh kecepatan maksimal 60 km/jam.

Hal itulah yang coba ditunjukkan Fifth Gear, dengan melakukan crash test pada mobil Ford Focus keluaran lama.

Seperti dilansir Dailymail, Senin 24 Oktober 2011, mobil keluarga itu sengaja dipasangkan dengan sebuah alat penarik yang bisa membuat laju mobil bisa mencapai 200 km/jam, dan kemudian dihantamkan ke sebuah tembok tebal yang memiliki berat setara dengan Ford Focus.

Tentunya aksi ini juga melibatkan dua boneka, yang ditempatkan pada bagian depan serta belakang mobil.

Alhasil, Ford Focus itu pun hancur berantakan dan nyaris tidak berbentuk lagi. Bahkan, mobil terlipat dan hanya menyisakan bagian belakangnya saja.
Aksi crash test ini semakin mempertegas, tidak mungkin pengendara dan penumpangnya akan selamat jika mengalami kecelakaan dengan kecepatan tinggi.

"Saat ini mobil modern sudah mampu mencapai kecepatan tinggi. Jadi penting bagi masyarakat untuk menyadari bahayanya berkendara dalam kecepatan tinggi," ujar Ellie Pearson dari Road Safety Brake. (eh)

Mercy Khusus Saudagar Kaya di Arab

Mercedes-Benz G55 ini hanya diproduksi sebanyak 100 unit.

Mercedes-Benz G55 (Autoevolution)
VIVAnews - Produsen mobil mewah asal Jerman, Mercedes-Benz membuat mobil khusus edisi terbatas untuk para saudagar kaya di timur tengah. Mobil yang memiliki nama Mercedes-Benz G55 Arabia ini hanya dibuat 100 unit.

Seperti dilansir autoevolution, Selasa 25 Oktober 2011, Mercedes-Benz melalui Zawawi Trading Company (ZTC), distributornya di Oman, sengaja membuat mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) untuk Kesultanan Oman dan konsumen tajir di Timur Tengah.

Mercy Arabia ini memiliki desain yang garang dan mampu menaklukkan keganasan gurun pasir.  Mobil ini hadir dengan dua pilihan warna yaitu matte cashmere white atau matte nightblack.

Kemewahan juga disuguhkan dalam mobil tersebut, terutama di segi interiornya, yang menggunakan two-tone custom dengan paduan kulit warna hitam dan porselin.

Tidak hanya itu, beberapa bagian juga mendapat sentuhan carbon dan champagne white Designo untuk bagian trim. Tampilan ini mewah semakin garang dengan velg 19 inci milik AMG.

Setiap pemilik Mercedes-Benz G55 juga mendapatkan nomor identitas khusus, dari mobil yang hanya diproduksi 100 unit ini.

Mobil Khusus Berburu Milik Raja Arab

Berburu elang memang menjadi hobi yang paling digemari Khalid bin Abdul Aziz Al Saud.

Mobil khusus berburu elang milik raja Saudi Arabia (Jalopnik.com)
 
VIVAnews - Punya kendaraan mewah lengkap dengan fitur canggih seperti menjadi hal biasa bagi setiap raja di Saudi Arabia. Lihat saja mobil milik Khalid bin Abdul Aziz Al Saud, raja yang memerintah Saudi Arabia pada 1975-1982.

Mobil yang dijuluki si pemburu elang di padang pasir ini, merupakan Mercedes Benz G-Klasse versi wagon yang dimodifikasi khusus oleh Franco Sbarro Windhawk.

Lahirnya kendaraan ini lantaran dipesan khusus oleh sang raja kepada modifikator mobil asal Swedia. Sang raja memesan sebuah mobil yang bertenaga monster dan memiliki fitur berteknologi tinggi untuk memudahkan berburu elang. Sang raja memang gemar berburu, terutama elang.

Windhawk kemudian menelurkan sebuah kendaraan ganas bagi sang raja. Mobil Mercedes Benz G-Klasse versi wagon dibuat menjadi lebih memanjang dengan enam buah ban.

Sedangkan atap bagian depan dan belakang sengaja dijebol, dan diganti dengan sebuah sunroof yang bisa dibuka secara otomatis. Hal itu dimaksudkan untuk lebih memudahkan melihat target buruan.

Bukan cuma itu saja modifikasinya. Windhawk juga melengkapi kursi bagian depan dengan sistem hidrolik, sehingga dapat dinaikturunkan secara otomatis. Fitur itu sengaja diberikan agar sang raja lebih nyaman membidik elang buruan.

Soal dapur pacunya, mobil ini dibekali mesin 6.900 cc bertenaga 217 daya kuda dengan kecepatan maksimal 200 kilometer per/jam. Wagon mewah asal Jerman itu, juga dilengkapi tangki bensin mencapai 350 liter.

Di dalam mobil ini juga dilengkapi sebuah kulkas kecil, yang khusus menyimpan potongan-potongan daging kecil untuk umpan elang.   

Tidak disebutkan berapa biaya yang dikeluarkan untuk memodifikasi mobil tersebut. Setelah Raja Khalid wafat pada 1982, mobil itu pensiun dari perburuan elang di tengah keganasan gurun pasir.
(Sumber: Jalopnik.com)

Mobil Listrik Modifikasi Khadafi Jadi Legenda

Kendaraan ini dapat dipacu hingga mencapai 160 km/jam.

Fiat 500 Castagna EV milik Moammar Khadafi (Worldcarfans.com)
 
VIVAnews - Tewasnya sang diktator Libya, Moammar Khadafi masih saja menyisakan cerita-cerita unik. Salah satunya, koleksi mobil legendaris hasil modifikasinya, yakni Fiat 500 Castagna EV.

Pemimpin yang telah berkuasa 42 tahun di Libya ini memang dikenal sangat menyukai dunia otomotif. Hasil buah karya mobil modifikasi terakhirnya, sebelum tewas ditangan tentara pemberontak, adalah Fiat 500 Castagna EV.

Kendaraan listrik ini dipesan khusus oleh sang Kolonel--julukan Khadafi, melalui perantara pada Juni 2009 lalu. Kendaraan tersebut hadir dengan sejumlah sentuhan khusus, di antaranya cat dua warna, interior kulit berwarna krem, trim kayu, dan beberapa aksen bertema Libya. 

Mobil itu digerakkan oleh motor listrik yang dapat menghasilkan daya sebesar 45 hp, sedangkan listriknya dipasok oleh baterai lithiumion. Kendaraan ini dapat dipacu hingga mencapai 160 km/jam, dan dapat dijalankan sejauh 260 km hingga baterainya kembali membutuhkan pengisian ulang.

Uniknya, di bagian dasbor mobil, Khadafi memasang sebuah peta benua Afrika berwarna hitam. Di peta Afrika itu hanya negara Libya yang diberikan warna hijau.

Kendaraan seharga 100.000 euro atau sekitar Rp1,3 miliar ini, juga dilengkapi sistem pengisian yang memungkinkan baterai terisi hanya dalam waktu 10 menit.

Seperti diketahui, selama memimpin Libya “si anjing gila dari Timur Tengah", julukan Presiden AS Ronald Reagan dulu kepada Khadafi, diketahui dekat dengan produsen mobil Fiat. BUMN Libya, Libyan Arab Foreign Investment Company (Lafico), yang dikontrol oleh Khadafi dikabarkan pernah membeli saham Fiat sejak 1976.

Lafico membeli 10% saham Fiat senilai US$ 415 juta atau sekitar Rp 3,7 triliun. Namun rupanya Khadafi belum puas. Pada 1986, Lafico menambah kepemilikan saham menjadi 15%.

Namun embargo ekonomi untuk Libya yang dilakukan pemerintah AS membuat investasi yang dilakukan Latifo sempat terhenti. Hingga akhirnya, ketika embargo ini dicabut pada 2002, Khadafi langsung menebar investasi dan Fiat tentu jadi sasaran utama.

Pada Februari 2002, Lafico langsung membeli 2% saham Fiat. Deal pembelian itu senilai US$ 112 juta atau sekitar Rp 1,008 triliun.

Namun kini, mobil Fiat 500 Khadafi telah mendapatkan pemilik baru, setelah dijarah oleh para pemberontak saat berhasil menghancurkan bunker khusus miliknya di Al-Aziziya, Tripoli.

Selain Fiat 500, Khadafi juga menciptakan mobil teraman bagi dirinya, yang diberi nama The Saroukh el-Jamahiriya (Roket Libya). Dinamakan demikian, karena bodi mobil dibuat dengan desain menyerupai roket.

Dengan desain aerodinamis layaknya mobil-mobil milik James Bond, mobil ini telah dimiliki Khadafi sejak tahun 1999 silam. Khadafi memperlihatkan mobil ini pertama kali saat acara 30 tahun revolusi Libya, sekitar 11 tahun silam. (Sumber: Worldcarfans.com, New York Times, eh)

Jip Terbang Diproduksi Tahun Ini

Model pertama dari 'Humvee terbang' diharapkan selesai pada akhir tahun depan.

Jip Humvee terbang (Dailymail.co.uk)
 
VIVAnews - Sosok mobil perang yang mampu terbang, bukan lagi cuma angan-angan seperti kisah komik Superhero milik Marvel. Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA) perusahaan yang menciptakan kendaraan perang memastikan model pertama dari kendaraan jip atau humvee terbang akan siap diproduksi pada akhir tahun ini.

Seperti dilansir Dailymail, Jumat 28 Oktober 2011,
kendaraan perang futuristik ini dirancang untuk mampu berjalan di medan yang kasar seperti sebuah jip, dan terbang seperti pesawat. Tentunya kendaraan ini didesain untuk dapat bertahan dari serangan senjata api.

Tentara Amerika Serikat berharap 'Humvee terbang' ini, nantinya dapat membawa empat personel, ditambah peralatan perang lainnya. Rencananya kendaraan ini dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal, serta mampu terbang lebih dari 250mil, dengan keadaan tangki bensin penuh.

Sebelumnya, Perusahaan Aerospace Lockheed Martin dan AAI Corporation telah lebih dulu menyajikan desain seutuhnya dari kendaraan ini, untuk program militer TX Transformer. Dan saat ini telah maju ke tahap berikutnya, yakni mulai pengerjaan prototipe.

Meskipun belum ada kontrak diberikan untuk mengambil proyek ini ke tingkat berikutnya, jurubicara AAI Sharn Corna mengatakan kepada MSNBC. "Saya percaya bahwa DARPA berniat untuk melanjutkan dengan kami." Model pertama dari 'Humvee terbang' diharapkan selesai pada akhir tahun depan.
 

Kamis, Oktober 27, 2011

Inilah Tujuh Alasan Boeing 787 Dreamliner Jadi Spesial

 
Boeing 787 Dreamliner terbang perdana Rabu, membawa 250 penumpang dari Tokyo ke Hong Kong. Adalah maskapai All Nippon Airways yang pertama memilikinya dan mengoperasikan pesawat yang disebut-sebut memiliki desain visioner ini. Apa yang membuat pesawat ini spesial? Inilah tujuh alasan yang dikemukanan CNN:

1. Sebagian terbuat dari plastik
Dreamliner terbuat dari 50 persennya merupakan material komposit, carbon-fiber yang diperkaya dengan beberapa polimer yang membuatnya lebih ringan dan tahan lama ketimbang aluminium. Material komposit pernah dipakai pada pesawat komersial sebelumnya, tapi tak sebanyak pada Dreamliner, yang menggunakannya baik pada sayap maupun badan pesawat.

2. Kaya udara
Tekanan pada kabin Dreamliner lebih tinggi. Kelembabannya juga lebih tinggi ketimbang pesawat lain. Ini membuat penumpang pesawat ini merasakan seperti tengah terbang hanya pada ketinggian 6.000 kaki, alias 2.000 kaki lebih rendah dari standar penerbangan pesawat.Perubahan akan mengurangi kelelahan penumpang, mata pedih, dan sakit kepala.
3. Lebih luas
Pimpinan pilot Boeing, Randy Neville, menyatakan akan ada pengalaman baru menaiki Dreamliner. "Anda tidak akan seperti dimampatkan dalam sebuah tabung, tapi Anda akan memiliki cukup ruang di dalamnya," katanya. Yang pasti, ruang penyimpanan kopor di atas tempat duduk juga lebih longgar.

4. Irit BBM
Boeing 787 menjanjikan 20 persen lebih efisiensi bahan bakar dibanding pesawat seukuran yang sudah ada. Hal ini menyebabkan maskapai bisa mengirip biaya pembelian bahan bakar dan pesawat bisa mengarungi rute yang lebih panjang.
5. Ruang kokpit yang intuisif
Neville menyatakan Boeing bekerja keras untuk membuat Dreamliner senatural mungkin bagi pilot. "Dek ditata sehingga sangat intuitif untuk mengoperasikan semua kontrol," katanya. Contohnya, The Head-Up Display (HUD) yang digunakan pilot didsplay di kaca, sehingga mereka bisa melihat data tanpa harus kehilangan tanda tentang apa yang terjadi di luar sana.
6. Jendela lebih besar
Jendela pada Dreamliner19 inci lebih tinggi dan 30 persen lebih besar dari pesawat ukuran sejenis. Dreamliner adalah pesawat komersial pertama yang memiliki dimmer elektronik di setiap kursi. Para pramugari juga dapat menggelapkan atau mencerahkan pencahayaan secara otomatis, sehingga kendati jendela dibuka, tak akan silau.
7. Keseragaman
Jangan berharap banyak perbedaan dari satu Dreamliner dengan lainnya. Boeing sengaja membatasi perbedaan. Jika semua pesawat serupa, lebih mudah untuk menyewakan mereka atau menjual kembali jika diperlukan.