Minggu, Mei 15, 2011

Kereta cepat dunia

France TGV

inilah juaranya kereta paling cepat. TGV yang terdapat di paris tercatat di tahun 2007 mampu mencapai kecepatan maksimal 574.8 km/jam. TGV sendiri diambil dari bahasa Perancis Train a Grande Vitesse yang artinya kereta supercepat. kereta ini menghubungkan paris dan negara-negara sekitarnya.

Kereta cepat China (swaberita.com)

Beijing - Sebatang rokok memicu tanda bahaya yang memaksa kereta paling cepat di dunia mengalami benturan kecepatan pertama saat melintas antara Guangzhou, ibukota provinsi Guangdong, dan kota Wuhan di China tengah.

Peristiwa itu adalah insiden pertama bagi kereta api cepat yang mulai beroperasi sejak pekan lalu. Penghentian berlangsung selama dua-setengah jam, hampir sama dengan waktu tempuh kereta tersebut ketika melintasi jarak 1.100 kilomter antara Guangzhou, ibukota provinsi Guangdong, dan kota Wuhan di China tengah.

Kereta tersebut berada di stasiun kereta Guangzhou, ketika tertunda dan belum memulai perjalanannya dengan kecepatan 350 kilometer per jam.

Manager kereta peluru tersebut, yang diluncurkan pada Sabtu (26/12), tak mampu untuk menangkap perokok yang melarikan diri dari tempat kejadian sebelum alarm berbunyi, demikian laporan kantor berita resmi China, Xinhua, Kamis (31/12).

"Merokok dilarang keras di kereta yang berkecepatan tinggi Wuhan-Guangzhou, bahkan di dalam toilet," kata jurubicara Jawatan Kelompok Kereta Guangzhou sebagaimana dikutip. "Itu dapat memicu alarm dan bahkan menyebabkan peralatan gagal berfungsi."

Kereta Cepat Jepangl
Tokaido Shinkansen – Jepang
Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta cepatnya Shinkansen (kereta peluru) pada tahun 1964 untuk melayani rute Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka, dan kecepatannya "hanya" berkisar 201 km/jam (di tahun itu udah yang paling kenceng).

Kereta WIN 350 Eksperimental:

JR E3

JR E4

Tiap jalur memiliki nama-nama sendiri (Tokaido, Tohoku, dll), dan tiap jenis keretanya diidentifikasi dengan sebuah julukan (Nozomi, Hikari, dll). Hampir 40 tahun sejak diluncurkan pertama kali, Shinkansen sudah mengangkut 6 miliar penumpang tanpa ada kecelakaan berarti. Rute Shinkansen juga memiliki frekuensi yang sangat tinggi, seperti rute Tokyo dan Shin-Osaka yang bisa dilewati enam kereta per-jamnya (bukan per-hari!).

JR 300

"Hikari" berarti "cahaya", merupakan layanan Shinkansen pertama pada rute Tokaido/Sanyo. Semenjak munculnya kereta Nozomi, saat ini menyediakan layanan mid-level dengan beberapa pemberhentian tambahan, tetapi tetap dengan kecepatan tinggi. Kereta Hikari menghubungkan Tokyo dan Osaka dalam waktu kira-kira 3 jam. Penampilannya lebih bernuansa jet supersonik ketimbang kereta, dengan desainnya yang futuristis dan kenyamanan luar biasa.



1. Tokaido Shinkansen – Jepang

Tokaido Shinkansen
Jepang mengejutkan dunia dengan meluncurkan kereta ini pada 1964 untuk melayani rute Tokyo-Nagoya-Kyoto-Osaka, dan kecepatan kereta ini hanya 201km / jam 2. JR-Maglev MLX01 – Jepang

JR-Maglev MLX01
Kereta yang menggunakan magnet superkonduktor train (maglev) mampu mencapai kecepatan 581km / jam, tapi kereta api ini tidak dioperasikan secara komersial.
3. Shanghai Maglev Train – China

Shanghai Maglev Train
Dibangun dengan teknologi jerman, kereta ini dapat mencapai kecepatan 430km / jam dan dapat mengambil penumpang dari Pudong International Airport ke Longyang Road Station di pusat kota hanya 8 menit
4. Korea Train Express (KTX) – Korea Selatan

Korea Train Express (KTX)
Pada tahun 2004, Korea Selatan menjadi negara kedua di asia setelah japan yang membangun jalur kereta berkecepatan tinggi yang menghubungkan beberapa kota utama. Teknologi KTX mengadopsi teknologi TGV (kereta api berkecepatan tinggi dari perancis)
5. Taiwan High Speed Rail – Taiwan

Taiwan High Speed Rail
Setelah tertunda selama beberapa tahun, akhirnya Taiwan High Speed Rail diluncurkan tanggal 5 Januari 2008, kereta api ini dibangun berdasarkan Japanesse Teknologi Shinkansen, kereta ini adalah memotong waktu perjalanan dari Taipei ke Kaoshiung dari sebelumnya 4 jam menjadi 90 menit.
6. Kereta a Grande Vitesse (TGV) – Perancis

a Grande Vitesse (TGV)
Diluncurkan pada awal 80-an, TGV melayani rute dari Lyon dan Paris. Setelah dinyatakan sukses, rute ini ditambahkan ke kota lain di perancis bahkan negara-negara lain. Kereta ini dikembangkan oleh Alstom SA (Pabrik kereta api terbesar kedua di dunia) dan memecahkan rekor kecepatan 515km / jam untuk roda kereta konvensional
7. InterCity Express (ICE) – Jerman

InterCity Express (ICE)
Pada awal 90-an, jerman meluncurkan kereta ini untuk melayani Hannover, Wurzburg, Mannheim, dan Stuttgart rute, kereta ini dikembangkan oleh Siemens dan dapat mencapai kecepatan 280km / jam
8. Transrapid – Jerman

Transrapid
Jerman juga membuat kereta maglev yang dapat mencapai 550km / jam tapi sayangnya pada September 2006 terjadi kecelakaan dan membunuh 23 orang
9. Direttissima – Italia

Direttissima
Akhirnya kereta Direttissima itali diluncurkan untuk melayani rute dari rome dan Florensia dengan kecepatan 254km / jam
10. Eurostar – Great britain

Eurostar
Kereta ini mulai beroperasi pada 1994 dan melayani rute dari london ke perancis dan belgia (saluran air di terowongan) waktu perjalanan dari london ke paris adalah 2 jam 35 menit dengan kereta ini

Dua layanan kereta api berkecepatan tinggi telah resmi diluncurkan di daerah-daerah tepencil Cina paling selatan dan utara, Kamis (30/12) kemarin. Kereta super cepat itu memungkinkan lebih banyak orang untuk menikmati kemudahan teknologi kelas dunia.

Seperti dilansir situs Xinhua, kereta CRH5 itu mulai diluncurkan di pulau tropis Hainan dengan rel sepanjang 308 kilometer di sepanjang pantai timur Cina. Kereta super itu dapat mencapai kecepatan hingga 250 kilometer per jam. Atau dapat memangkas waktu perjalanan dari provinsi-provinsi tujuan wisata paling terkenal, Haikou dan Sanya, 90 menit saja dibandingkan bus yang hingga empat jam.

Pihak pemerintah provinsi berencana akan memulai kembali pembangunan rel sepanjang 344 kilometer di kawasan pantai barat. Kereta api berkecepatan tinggi itu sangat penting dalam upaya mewujudkan rencana pemerintah yang akan menjadikan Hainan sebagai tujuan wisata internasional.

Menurut Kepala Desainer Liu Changqing, kereta super cepat itu dijamin akan bebas dari masalah-masalah kesalahan teknis berkat penelitian selama tiga tahun terakhir. Perluasan trek sepanjang 904 kilometer terus dibangun di daerah-daerah pedalaman Cina, seperti di kawasan utara yang akan diresmikan tahun depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar